Blog

Apakah Anda Kurang Percaya Diri Karena Gusi Yang Tampak Saat Tersenyum?

Apakah Anda Kurang Percaya Diri Karena Gusi Yang Tampak Saat Tersenyum?

Sebagian orang merasa kurang percaya diri karena memiliki tampilan gusi yang berlebihan atau terlalu lebar saat tersenyum spontan. Secara umum, keadaan ini dikenal dengan istilah gummy smile. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti: bentuk dan tinggi gigi, pertumbuhan gusi, bentuk bibir dan cara bibir bergerak saat tersenyum, serta sudut rahang dibandingkan dengan bagian wajah yang lain. Biasanya, jika garis gusi yang tampak berukuran lebih dari 2 milimeter, maka akan kelihatan tidak proposional dan menyebabkan gummy smile, yang dinilai kurang menarik secara estetika.

Bagaimana cara mengatasinya?

Jika terlalu banyak gusi yang menutupi permukaan gigi Anda, maka dokter gigi mungkin akan merekomendasikan prosedur yang disebut gingivektomi atau pengangkatan jaringan gusi berlebih melalui pembedahan. Prosedur bedah lainnya yang dapat dikerjakan untuk mengatasi gummy smile adalah operasi reposisi bibir untuk memperbaiki posisi bibir, operasi rahang untuk memperbaiki posisi rahang, serta menyeimbangkan panjang rahang atas dan bawah. Dokter bedah mulut akan menentukan tindakan yang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Anda.

 

Jika Anda tidak ingin menjalani prosedur operasi, bidang kedokteran estetika memiliki solusi untuk mengatasi gummy smile dengan menawarkan pendekatan non-bedah, seperti botox dan filler. Apabila gusi yang tampak berlebihan disebabkan oleh gerakan bibir terlalu jauh ke atas garis gusi saat tersenyum, maka suntikan toksin botulinum untuk melumpuhkan otot-otot elevator bibir dapat mengatasi permasalahan Anda. Namun jika penyebabnya adalah bibir yang hypermobile atau terlalu luwes bergerak melampaui batas normal, sehingga bibir terlalu naik ke atas saat tersenyum dan jaringan gusi terlihat berlebihan, maka prosedur filler dapat membantu untuk membatasi pergerakan serat otot pada bibir Anda. Kombinasi kedua treatment ini juga dapat dilakukan bersamaan jika memang dibutuhkan.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai treatment yang sesuai untuk Anda, beserta keunggulan, risiko, dan hal – hal yang perlu diperhatikan dalam menjalani berbagai pilihan prosedur yang tersedia, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter Anda.

 

By dr. Venny Veronica, M.Sc