Bolehkah Menggabungkan Niacinamide Dengan Retinol?

Bolehkah Menggabungkan Niacinamide Dengan Retinol?

BY dr. Venny Veronica, M.Sc

Niacinamide dan retinol adalah bahan aktif yang popular di dunia per-skincare-an. Kedua bahan aktif ini sama-sama dapat membantu mengatasi jerawat, noda hitam atau kemerahan, meratakan warna kulit, dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Jika Anda menggunakan salah satu dari kedua bahan aktif tersebut, Anda mungkin bertanya-tanya apakah jika niacinamide digunakan bersamaan dengan retinol dapat memberikan hasil yang lebih efektif? Apakah aman jika keduanya digunakan secara bersamaan? Yuk kita bahas lebih detail tentang kedua zat aktif tersebut dan mencaritau jawabannya!

Niacinamide atau nicotinamide merupakan bentuk dari vitamin B3 (niasin) yang larut dalam air. Di dalam tubuh, niacinamide membantu memperbaiki DNA yang rusak dan mengontrol proses peradangan, sehingga dapat membantu meredakan iritasi atau kemerahan pada kulit. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa niacinamide dapat mengurangi aktivitas sel yang menghasilkan sebum (minyak) yang diproduksi oleh kelenjar sebasea, sehingga dapat mempercepat penyembuhan jerawat. Bercak kehitaman seperti flek di wajah juga dapat memudar karena zat aktif ini dapat menghambat enzim yang terlibat dalam produksi melanin.

Sedangkan retinol merupakan turunan vitamin A yang membantu merangsang regenerasi sel kulit. Pergantian sel yang meningkat dapat memperbaiki penampilan kulit, membantu mencegah atau menyembuhkan jerawat, dan memudarkan bintik-bintik hitam/hiperpigmentasi pada kulit. Tidak hanya itu, retinol juga memiliki kemampuan untuk menghambat enzim yang menghancurkan kolagen, bahkan dapat meningkatkan proses sintesis kolagen. Efek ini yang paling disukai orang untuk mencegah atau meminimalkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan halus pada wajah. Tapi Anda perlu berhati-hati jika menggunakan produk yang memiliki kandungan retinol, karena retinol dapat menyebabkan efek samping seperti iritasi, kemerahan, sensasi perih seperti terbakar, kulit terasa kering bahkan terkelupas.

Nah kabar baiknya adalah, efek samping iritasi/kekeringan yang ditimbulkan oleh retinol dapat berkurang jika digabungkan dengan niacinamide. Jadi kombinasi pasangan zat aktif ini memang aman dan dinilai memberikan banyak manfaat bagi sebagian besar jenis kulit. Beberapa pabrik mengeluarkan produk yang sudah menggabungkan niacinamide dan retinol dalam satu kemasan. Namun jika Anda menggunakan bahan-bahan aktif tersebut dalam produk terpisah, disarankan untuk menggunakan niacinamide terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan retinol, sehingga niacinamide dapat melindungi kulit Anda dari efek samping retinol. Untuk hasil terbaik, sebaiknya ikuti petunjuk produk atau ikuti saran dari dokter Anda.

Table of Contents

Schedule a meeting with our doctor.

© BMDERMA 2024. Copyright by PT Awet Cantik Bahagia