Blog

Jerawat dan Makanan yang harus dipantang

Jerawat dan Makanan yang harus dipantang

Bagi pemilik wajah berjerawat, terkadang mengonsumsi makanan tertentu menjadi dilema. Sulit untuk menolak kelezatan makanan tersebut, tapi tidak ingin juga muncul jerawat di wajah setelah mengonsumsinya. Benarkah terdapat minuman dan makanan penyebab jerawat? Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari.


  1. Pisang

Buah satu ini yang sering dibikin smoothies memang mempunyai glikemiks indeks yang tinggi menurut grafik di Harvard mempunyai skor 62 dari nilai 100. 

  1. Junk food

Makanan ini mempunyai refined karbohidrat yang tinggi, yang artinya kadar gula lebih tinggi dan nutrisinya juga sangat sedikit. Refined carbs menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin yang menyebabkan inflamasi dan peningkatan produksi sebum yang akan memicu jerawat.

  1. Susu, keju, dan makanan olahannya

Mengandung   tinggi kalsium  yang bermanfaat bagi tubuh. Namun sayangnya, manfaat tadi justru bisa berubah menjadi petaka bagi kulit, karena susu dan olahannya termasuk makanan penyebab jerawat bila dikonsumsi berlebihan.

Produk susu dapat membuat kelenjar minyak berkembang lebih cepat. Nah, mengonsumsi produk susu secara berlebihan dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat di wajah. 

  1. Coklat

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology Cokelat menunjukkan bahwa cokelat dapat memperburuk jerawat, tetapi kemungkinan tidak akan memengaruhi semua orang. Bagaimana cokelat meningkatkan jerawat? Dipercaya bahwa makan cokelat meningkatkan respons sistem kekebalan terhadap bakteri penyebab jerawat

  1. Minuman bersoda

Selain makanan penyebab jerawat, terdapat juga miniman penyebab jerawat. Semua jenis minuman bersoda dapat memperparah kondisi jerawat. Soda mengandung gula yang tinggi dan juga aspartam yang dapat memperparah peradangan pada tubuh.

  1. Kopi

Minuman penyebab jerawat selanjutnya adalah kopi. Kandungan kafein yang ada dalam kopi menjadi penyebabnya. Kafein dapat memicu produksi hormon kortisol. Pelepasan hormon satu ini dalam tubuh ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Umumnya makanan penyebab jerawat akan berpengaruh pada pemilik kulit acne prone dan tidak bereaksi pada pemilik kulit normal. Setiap orang tentunya memiliki sensitivitas yang berbeda-beda. Perlu diketahui juga bahwa masih banyak faktor lain yang memengaruhi jerawat seperti hormon, kurang menjaga kebersihan kulit, hingga karena stres. Sangat penting mengenali apakah wajah Anda sensitif terhadap makanan tertentu atau tidak, agar jerawat dapat dihindari. Jika makanan tersebut tidak memberikan efek negatif pada tubuh, maka artinya makanan tersebut tidak masalah jika dikonsumsi. Tentunya bukan hanya jerawat saja yang dijadikan ukuran, tetapi juga efek makanan tersebut pada keseluruhan kesehatan Anda.

 

By dr. Brigitta Maria A