Blog

Myths or Facts About the Skin of the Eye Area?

Myths or Facts About the Skin of the Eye Area?

Banyak wanita yang memiliki masalah pada kulit area sekitar mata. Yuk, kenali beberapa fakta dan mitos seputar area mata sehingga Anda lebih mengerti dan memahami cara merawat area tersebut.

  1. Kurang tidur dapat menyebabkan kantung mata terlihat lebih jelas. (Mitos)

Kantung mata menggambarkan adanya area di bawah mata yang terlihat menonjol dan terkadang disertai dengan kulit yang menggelambir atau tidak kencang. Jadi kantung mata banyak penyebabnya, tidak hanya timbul karena kurang tidur. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kantung mata antara lain seperti faktor genetik, system aliran limfatik yang terbendung, timbunan lemak di bawah kulit, kekendoran kulit, kelebihan asupan garam, kinerja tiroid yang melambat. Jadi kurang tidur bukan penyebab utama terbentuknya kantong mata tetapi dapat memperburuk kondisi ini.

  1. Sinar buruk UV dapat mengganggu keindahan mata. (Fakta)

Paparan sinar UV akan merangsang pigmentasi kulit sehingga warna kulit pada kelopak mata akan terlihat lebih gelap. Selain itu paparan sinar matahari yang menyilaukan mata akan menyebabkan kita secara tidak disadari atau refleks untuk memincingkan mata. Sehingga otot mata akan sering berkontraksi dan dalam jangka panjang akan menyebabkan timbulnya kerutan.

  1. Kerutan di area mata dapat muncul mulai usia 20’an. (Fakta)

Kerutan biasa dapat terjadi karena ekspresi dari otot-otot mata yang terjadi secara berulang dan terus-menerus, misalnya saat tertawa, menyernyit, atapun ekspresi saat emosi lainnya. Sehingga kerutan mata dapat mulai muncul meski usia masih 20’an. Kerutan ini dapat diperburuk jika kulit kering.

  1. Pelembab atau cream wajah dapat digunakan di area mata. (Mitos)

Kandungan bahan aktif yang terdapat pada cream wajah formulasinya tidak selalu sesuai untuk kulit area mata yang lebih tipis dan sensitif. Sebaiknya disarankan untuk menggunakan cream khusus yang ditujukan untuk area mata. Aplikasikan dalam jumlah secukupnya, dengan cara dioleskan dan pijat dengan lembut pada permukaan kulit mata dan tidak diperbolehkan untuk menggosok.

Nah, sekarang Anda lebih mengerti untuk merawat kulit area mata butuh perhatian ekstra dan khusus. Konsultasikan dengan dokter yang berpengalaman di bidangnya untuk mendapatkan solusi perawatan dan produk untuk mengatasi problem pada kulit area mata.

 

By dr. Melissa Rosari