Blog

Pertolongan Pertama untuk Kulit Terbakar Matahari

Pertolongan Pertama untuk Kulit Terbakar Matahari

Tips pertolongan pertama untuk kulit yang terbakar matahari

Pernahkah kamu merasa kulit perih, kemerahan dan gatal setelah terpapar matahari? Kulit yang terpapar sinar matahari secara langsung tanpa tabir surya yang cukup akan terbakar. Tapi jangan khawatir, berikut adalah tips pertolongan pertama untuk kulit yang terbakar matahari:

  1. Segera tutupi area kulit yang terbakar matahari dengan pakaian atau masuk ke dalam ruangan untuk menghindari paparan sinar matahari pada kulit
  2. Kompres kulit dengan menggunakan kassa atau kain yang dibasahi dengan air dingin selama 15 menit. Jika area yang terbakar cukup banyak, anda disarankan untuk mandi air dingin.
  3. Keringkan dengan menepuk-nepuk kulit menggunakan handuk lembut. Hindari menggosok area kulit yang terbakar karena akan menimbulkan lecet atau luka.
  4. Oleskan pelembab yang mengandung aloe vera untuk mengurangi peradangan. Apabila peradangan yang terjadi cukup parah, lebih baik oleskan krim yang mengandung hidrokortison dan memberikan.
  5. Minum air mineral yang cukup untuk mencegah dehidrasi
  6. Apabila muncul lenting-lenting berisi air, jangan memecahkan lenting tersebut dan biarkan lenting tersebut sembuh dengan sendirinya
  7. Jika area kulit yang terbakar terasa sangat perih, segeralah menemui dokter kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Ingin menghindari kulit terbakar matahari saat liburan? Jangan lupa oleskan tabir surya minimal 20 menit sebelum beraktifitas dan oleskan ulang tabir surya setiap 2-3 jam sekali agar kulit terlindung secara maksimal. Selamat liburan!