Blog

Perut buncit bertahun-tahun setelah melahirkan, Emsculpt dapat menjadi solusinya!

Perut buncit bertahun-tahun setelah melahirkan, Emsculpt dapat menjadi solusinya!

Pada umumnya, hampir semua wanita yang melewati fase kehamilan akan mengalami banyak sekali perubahan, baik secara hormonal maupun perubahan fisik. Perubahan yang terjadi dapat menjadi tantangan dan pergumulan, terutama bagi mereka yang baru melahirkan anak pertamanya.

 

Selain kerontokan rambut, persoalan fisik yang paling mengganggu para ibu baru adalah perubahan berat badan dan perut yang buncit bergelambir. Hal ini membuat banyak wanita merasa kurang percaya diri dengan penampilannya setelah menjadi seorang ibu. Biasanya, perubahan yang dialami wanita saat kehamilan akan kembali secara berangsur-angsur setelah melahirkan. Jika sudah lahiran lama dan berat badan sudah menyusut, namun perut masih saja buncit, mungkin Anda mengalami diastasis recti.

 

Selama kehamilan dan saat melahirkan, perut dan dasar panggul berada dibawah tekanan yang sangat berat. Tekanan dari perut bagian dalam tersebut mendorong otot perut, sehingga otot perut rectus abdominis meregang dan terpisah, maka perut tampak menonjol seperti perut buncit. Kondisi ini disebut diastasis recti. Dapat diibaratkan seperti karet gelang yang terlalu lama diregangkan, dan tidak bisa lagi kembali ke bentuknya yang semula.

 

Melakukan olahraga senam nifas setelah melahirkan bertujuan membangun kembali otot perut secara bertahap dapat dilakukan untuk memperbaiki diastasis recti. Salah satu treatment yang saat ini tersedia untuk menguatkan otot perut adalah Emsculpt. Treatment ini menggunakan alat yang memanfaatkan teknologi elektromagnetik dengan intensitas tinggi untuk menginduksi kontraksi otot perut, membantu mendorong pertumbuhan dan kepadatan otot di area perut, sehingga otot perut rectus abdominis menjadi lebih kuat.

 

Treatment Emsculpt tidak hanya bermanfaat bagi mereka yang sudah mengalami diactasis recti, namun juga dapat membantu untuk mencegahnya. Karena otot perut yang kuat akan lebih mudah kembali ke bentuk semula setelah peregangan yang terjadi selama kehamilan.

 

Jika Anda berencana untuk hamil dan ingin memperkuat otot perut Anda, atau wanita yang sudah melahirkan dan memiliki permasalahan perut buncit, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan treatment yang sesuai untuk Anda.

 

 dr. Venny Veronica, MSc