Apakah Stretch Mark Bisa Dihilangkan?

Apakah Stretch Mark Bisa Dihilangkan?

BY dr. Rika Andriani, SpDV

Apa itu stretch mark?

Stretch mark merupakan salah satu tipe skar dengan bentuk guratan pada kulit. Pada awalnya, guratan ini berwarna merah keunguan atau sedikit kecoklatan dan agak menonjol serta dapat disertai keluhan gatal ringan. Seiring waktu, stretch mark akan berubah menjadi lekukan dangkal berwarna putih. Kondisi ini umumnya terjadi pada area paha, bokong, perut, atau lengan atas.

Mengapa stretch mark bisa muncul?

Stretch mark terjadi akibat kulit yang meregang atau menciut dalam waktu singkat. Perubahan yang mendadak tersebut menyebabkan robekan pada jaringan kulit penyokong di bagian dalam sehingga muncul guratan pada permukaan kulit.  Perubahan berat badan ekstrem dalam waktu singkat, kehamilan, atau penggunaan obat steroid dalam waktu lama merupakan beberapa kondisi yang umum menjadi penyebab munculnya stretch mark. Faktor hormonal dan genetik juga mempengaruhi munculnya stretch mark.

Bagaimana cara menghilangkan stretch mark?

Meskipun stretch mark tidak dapat dihilangkan seutuhnya, perawatan yang tepat dapat membuat stretch mark terlihat lebih samar dan halus. Secara umum, stretch mark baru lebih mudah untuk diterapi dibandingkan stretch mark yang sudah menahun.

Untuk stretch mark tahap awal (masih berwarna kemerahan), penggunaan topikal masih dapat bermanfaat. Bahan aktif yang sampai saat ini terbukti memberi efek untuk perawatan stretch mark hanya hyaluronic acid dan tretinoin. Untuk meningkatkan penyerapan obat, Anda dapat memijat area stretch mark setelah pengolesan krim. Namun, tretinoin harus dihindari jika Anda dalam kondisi hamil atau menyusui. Krim topikal dapat memberikan hasil setelah penggunaan rutin selama beberapa minggu.

Salah satu prosedur yang dapat dikerjakan untuk kondisi stretch mark adalah Picosure laser. Laser ini dapat merangsang pembentukan kolagen dan elastin dalam kulit sehingga membuat tampilan stretch mark lebih halus dan mengurangi warna kemerahannya. Dengan downtime yang relatif pendek, laser Picosure menjadi salah satu pilihan utama dalam perawatan stretch mark.

Tindakan lain yang dapat dikerjakan adalah prosedur Micron. Tindakan ini merupakan kombinasi antara microneedling dan radio frequency. Prosedur ini membuat produksi kolagen dan elastin dalam kulit bertambah, sehingga tekstur kulit bertambah halus dan stretch mark tampak lebih samar.  Mikrodermabrasi dan chemical peel dapat juga dikerjakan untuk kondisi stretch mark.

Umumnya, diperlukan kombinasi beberapa perawatan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Jangan menunggu terlalu lama untuk memulai terapi stretch mark. Perawatan yang dikerjakan di tahap awal akan memberikan hasil yang lebih memuaskan dan lebih cepat.  Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu sebelum memulai perawatan untuk stretch mark karena setiap orang dapat memerlukan perawatan yang berbeda.

Table of Contents

Schedule a meeting with our doctor.

© BMDERMA 2024. Copyright by PT Awet Cantik Bahagia