CERAMIDE : KUNCI RAHASIA KULIT SEHAT

CERAMIDE : KUNCI RAHASIA KULIT SEHAT

BY dr. Nevristia Pratama, Sp.DVE
ceramide

Apakah anda ingin memiliki kulit lembut, kenyal, serta sehat? Salah satu rahasia utama untuk kulit sehat dan indah adalah ceramide. Ceramide merupakan jenis lipid atau lemak (sphingolipids) yang ditemukan dalam jumlah besar di antara sel-sel kulit, sekitar 30-50%. Ceramide alami dapat ditemukan pada lapisan terluar kulit (korneum), namun terdapat pula ceramide sintetis (dikenal sebagai pseudoceramides) yang merupakan buatan manusia. Karena bebas kontaminan dan lebih stabil dibandingkan ceramide alami, ceramide sintetis lebih umum digunakan dalam produk perawatan kulit seperti pelembab, krim, serum, dan toner. Peran ceramide untuk kulit dapat di analogikan dengan batu bata dan semen (brick & mortar), dimana sel-sel kulit (korneosit) sebagai batu bata dan lapisan lipid sebagai semen yang menyatukan batu bata.

Mengapa ceramide penting untuk perawatan kulit?

1. Kelembapan kulit

Ceramide bertindak seperti pengunci kelembapan alami di kulit kita, hal ini membantu mencegah kehilangan air dari kulit, sehingga kulit tetap terhidrasi dan lembut.

2. Barier perlindungan

Seperti pagar di sekitar rumah, ceramide membentuk barier pelindung di kulit. Jika barrier kulit rusak karena faktor-faktor seperti cuaca ekstrem atau penggunaan produk yang terlalu keras, ceramide dapat membantu memperbaiki dan mengembalikan kulit ke kondisi yang sehat. Selain itu, ceramide juga menjaga kulit kita dari infeksi bakteri.

3. Mengurangi sensitivitas

Dengan membantu memperkuat barrier kulit, ceramide juga dapat membantu mengurangi sensitivitas kulit terhadap iritasi dan alergan.

4. Mengurangi inflamasi pada kulit

Memperkuat barrier kulit sehingga mengurangi peradangan pada kulit dan mencegah timbulnya atau kambuhnya eksim.

5. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Ceramide dalam barrier kulit memperlambat hilangnya kolagen dan elastin terkait usia, sehingga menunda timbulnya tanda-tanda penuaan seperti kerut halus.

Apa yang terjadi pada kulit Ketika kehilangan ceramide?

Jika kandungan ceramide pada kulit menurun (terjadi seiring bertambahnya usia), akan terjadi peningkatan kehilangan air transepidermal, sehingga menyebabkan kulit menjadi kering, gangguan sensitivitas dan penuaan.  Berkurangnya ceramide juga terjadi pada kondisi medis seperti psoriasis dan dermatitis atopic. Ketika barrier alami kulit terganggu karena kurangnya ceramide, kulit juga akan mengalami peningkatan kepekaan terhadap bahan kimia yang terkandung dalam produk skin care.

Cara Menggunakan Ceramide dalam Rutinitas Perawatan Kulit Anda

1. Cleanser:  Mulailah dengan membersihkan wajah dengan lembut menggunakan cleanser yang mengandung ceramide. Ini membantu menjaga kulit tetap bersih tanpa merusak barrier kulit.

2. Moisturizer: Pilihlah moisturizer yang mengandung ceramide untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit dan gunakan secara teratur untuk menjaga kulit tetap lembut dan kenyal.

3. Serum: Jika ingin memberikan kekuatan ekstra pada kulit, dapat tambahkan serum yang mengandung ceramide ke dalam rutinitas perawatan kulit. Ini membantu memperbaiki dan menguatkan barrier kulit.

Ceramide adalah kunci untuk kulit yang sehat dan cantik. Dengan menjaga kulit terhidrasi, melindungi dari kerusakan, dan memperkuat barrier kulit, ceramide membantu kita mencapai kulit yang indah secara alami. Jadi, jangan lupakan teman baik kita ini dalam rutinitas perawatan kulit dan nikmati kulit yang bercahaya dan sehat setiap hari!

Table of Contents

Schedule a meeting with our doctor.

© BMDERMA 2024. Copyright by PT Awet Cantik Bahagia