Picosure, Laser Tercanggih di Dunia Saat Ini

Picosure, Laser Tercanggih di Dunia Saat Ini

BY

Punya bekas jerawat yang tak kunjung hilang? Atau ingin membersihkan tattoo yang permanen, ingin wajah mulus dengan instan, ingin memperbaiki pori besar, atau ingin mencerahkan wajah seketika dengan aman? Tenang, semuanya bisa dengan PicoSure.

 

Apa itu picolaser?

Picolaser atau picosecond laser merupakan teknologi laser termutakhir yang mampu menembakkan sinar laser dalam waktu sangat singkat, yaitu selama 1/10-12 detik. Sebelum teknologi picolaser tiba, kita hanya mengenal nano-second laser, atau laser yang menembakkan sinar laser dalam waktu 1/10-9. Jadi picolaser memiliki waktu tembak 1/1000 lebih singkat dari laser nano yang saat ini cukup umum digunakan. Mengapa hal ini menjadi penting, karena waktu tembak yang sangat singkat, memungkinkan laser untuk bekerja jauh lebih efektif dan dengan risiko efek samping yang jauh lebih minimal.

Apakah picolaser merupakan suatu nama brand atau merk tertentu?

Bukan. Picolaser merupakan nama teknologi laser. Ada banyak merk picolaser yang beredar. Perbedaan utama antara satu merek dan merk lainnya terdapat pada jenis Panjang gelombang. Salah satu yang paling dikenal dan paling banyak terbukti memberikan kepuasan yang tinggi adalah Picosure. Picosure merupakan picolaser satu-satunya dengan panjang gelombang 755 nm yang diproduksi oleh Cynosure, Amerika Serikat. Perbedaan lain adalah lamanya waktu tembak laser (pulse duration), tingkat kekuatan tembakan laser (power), stabilitas alat, dan yang tidak kalah penting adalah reputasi pabrik laser yang membuat picolaser tersebut. Berikut adalah nama-nama merek dari picolaser yang beredar di pasaran.
 

Apa kelebihan Picosure dibandingkan dengan picolaser lainnya? 

Picosure merupakan satu-satunya laser pico dengan Panjang gelombang 755 nm. Panjang gelombang ini memiliki rasio serapan antara pigmen kulit (melanin) vs pembuluh darah (arteri dan vena) yang paling tinggi yaitu hingga 50x. Sementara laser pico dengan panjang gelombang 1064 memiliki rasio serapan hanya 16x dan panjang gelombang 532 nm memiliki rasio serapan 2,5x. Artinya laser Picosure (755nm) memiliki efektifitas terapi yang paling tinggi dan efek samping yang paling minimal.

Karena rasio serapan antara pigmen kulit vs pembuluh darah yang cukup rendah (hanya 2,5x), maka laser pico dengan panjang gelombang 1064 memiliki resiko pecahnya pembuluh darah yanh lebih tinggi, sehingga untuk memberikan hasil optimal, pasien akan memerlukan waktu yang lebih (hingga 1 minggu) karena kemerahan yang terjadi akibat pecahnya pembuluh darah. Untuk mengurangi efek samping ini, dokter bisa saja mengurangi power laser sehingga pembuluh darah tidak pecah, tetapi hal ini akan mengakibatkan hasil yang kurang optimal karena kekuatan laser dikurangi.

Picosure memiliki rasio serapan antara pigmen kulit vs pembuluh darah yang sangat tinggi (50x), sehingga kemungkinan pecahnya pembuluh darah menjadi sangat kecil, walaupun power laser diatur pada angka maksimal. Downtime yang terjadi biasanya hanya berupa kemerahan halus yang menghilang dalam hitungan jam.

Keluhan apa saja yang bisa ditangani oleh laser Picosure?

Laser Picosure dapat memperbaiki keluhan seperti flek wajah, skar atau bekas jerawat, pori besar, kulit kusam, pencerahan wajah, rejuvenasi, efek anti-aging atau pengencangan kulit lewat stimulasi kolagen, menghilangkan tattoo, menghilangkan sulam alis, menghilangkan tanda lahir tertentu dan lainnya

Apakah laser Picosure sakit?

Rasa sakit yang terjadi umumnya dapat diterima pasien dengan baik. Tetapi, sebelum dilakukan prosedur laser, pasien akan diberikan salep anestesi untuk mengurangi rasa sakit.

Berapa lama downtime Picosure?

Setelah proses pengerjaan laser, pasien biasanya merasakan adanya rasa hangat di wajah disertai kemerahan yang merata tanpa pecah pembuluh darah. Rasa hangat akan hilang dalam waktu 15 menit dan kemerahan akan hilang berangsur-angsur dalam waktu 4-12 jam.

Kapan saya dapat merasakan hasil Picosure?

Awalnya, pasien akan merasa warna kulitnya menjadi lebih cerah dalam 3 hari setelah tindakan, setelah itu pasien akan merasa tekstur kulit menjadi lebih halus dan mulus. Apabila ada skar, pasien juga akan merasa tekstur skar menjadi lebih rata dalam waktu 2 minggu.

Apakah Picosure aman digunakan?

Laser Picosure telah mendapat FDA-approval sejak tahun 2012 dan telah terdaftar di Kementrian Kesehatan RI. Sampai saat ini, laser Picosure merupakan laser pico yang paling banyak direview secara ilmiah oleh para dokter dan ilmuwan di seluruh dunia, paling banyak digunakan oleh para dokter kulit dan paling banyak mendapat review memuaskan dari pasien.

Apa yang harus saya lakukan sebelum dan sesudah tindakan laser Picosure?

Sebelum melakukan tindakan laser Picosure, sebaiknya pasien tidak dalam keadaan berjerawat aktif yang cukup berat. Pasien dapat melakukan perawatan wajah untuk jerawat sebelum melakukan tindakan laser Picosure.

Setelah melakukan tindakan laser Picosure, sebaiknya pasien menghindari pajanan matahari berlebihan seperti berjemur di pantai, melakukan aktivitas outdoor berlebihan ataupun berenang. Pasien masih dapat melakukan aktifitas sehari-hari seperti ke kantor, ke sekolah maupun menjemput anak tanpa kuatir karena downtime yang sangat minimal.

Berapa kali biasanya pasien dapat melihat hasil laser Picosure?

Anda dapat melihat perubahan yang cukup signifikan hanya dalam sekali treatment. Tetapi biasanya pasien melakukan treatment Picosure antara 3-6x.

Berapa sering saya harus melakukan laser Picosure?

Pada awalnya, sebaiknya Laser Picosure dilakukan setiap 2-4 minggu sekali. Setelah mencapai hasil yang diinginkan, pasien dapat melakukan laser Picosure tiap 2-3 bulan sekali untuk mempertahankan hasil terapi.

Apakah terapi laser Picosure dapat dikombinasi dengan treatment lainnya?

Tentu saja. Tetapi sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kami mengenai kombinasi terapi yang ingin dilakukan.

Table of Contents

Schedule a meeting with our doctor.

© BMDERMA 2024. Copyright by PT Awet Cantik Bahagia