Blog

Pulang Traveling, Kulit Jadi Rewel. Apa Sih Penyebabnya?

Pulang Traveling, Kulit Jadi Rewel. Apa Sih Penyebabnya?

Saat kita pulang dari traveling, seringkali kulit kita mengalami perubahan. Ada yang jadi lebih kering dan sensitif mudah gatal, tapi ada juga yang malah jadi kusam beruntusan. Yuk kita bahas beberapa faktor yang berpengaruh pada kondisi kulit kita saat sedang liburan.

 

Perubahan cuaca sangat berpengaruh pada kondisi kulit kita. Ketika kita berpindah dari daerah yang panas dan lembab ke tempat dingin, biasanya kulit kita akan menjadi kering dan mudah merasa gatal. Sedangkan di saat kita berpindang dari tempat yang dingin ke panas, kulit dapat memproduksi lebih banyak minyak dan keringat, sehingga lebih mudah timbul jerawat.

 

Selain itu, pada umumnya saat kita sedang traveling, kita akan lebih banyak berada di luar ruangan, lebih sering dan lebih lama terpapar sinar matahari. Tidak sedikit orang yang mengalami beruntusan akibat berjemur atau panas2an di bawah sinar matahari, kasus seperti ini dinamakan solar comedones atau sun acne. Umumnya komedo matahari ini berupa blackhead atau whitehead yang tidak meradang, tapi muncul banyak di sekitar mata, sepanjang pelipis hingga pinggir pipi dan ada yang sampai ke leher.

 

Saat bepergian, pola makan juga sering berubah karena kecenderungan kita untuk mencoba dan menikmati jajanan2 yang baru kita temukan. Seringkali tanpa sadar kita jadi lebih banyak mengkonsumsi produk yg mengandung susu atau gula, yang dapat memicu pembentukan jerawat.

 

Keseruan kita meng-explore tempat baru saat bepergian seringkali membuat kita jadi tidur larut malam dan kurang tidur. Hal ini dapat meningkatkan kadar kortisol yang berdampak negatif pada daya juang sistem kekebalan tubuh, sehingga menyebabkan peningkatan masalah pada kulit seperti jerawat maupun eksim.

 

Buat kalian yang ingin traveling, dianjurkan untuk tetap gunakan skincare sesuai kebutuhan kulit ya. Di tempat yang dingin sebaiknya gunakan pelembab, sedangkan di tempat yang panas gunakan tabir surya dan usahakanlah untuk tidak terlalu lama terpapar sinar matahari langsung. Tidur cukup dan menghindari makanan yang mengandung gula, susu, atau makanan yang dapat mencetuskan alergi bagi yang memiliki riwayat alergi adalah hal yang perlu tetap diperhatikan meskipun sedang berlibur. Bagi kalian yang memakai skincare racikan dokter, sebaiknya konsultasi dan sampaikan kepada dokter jika ada rencana untuk bepergian ya, agar dokter dapat menyesuaikan treatment dan skincare yang sesuai untuk kamu.

 by dr Venny Veronica Msc